Wednesday 4 February 2015

Pengujian Program APP Inventor pada Ponsel Android

Ketika kita membuat aplikasi pada App Inventor, namun terkadang timbul pertanyaan, apakah tampilan atau kode program yang kita buat sudah sesuai dengan keinginan atau belum. dan tentunya kita ingin tahu jawaban tersebut. Untuk melakukan pengujian langsung pada perangkat Android perusahaan ai2.appinventor.mit.edu telah menyediakan aplikasi MIT App Inventor app Companion sebagai media untuk menguji aplikasi yang telah kita buat. yaitu melalui koneksi wifi pada komputer. 


Untuk pengujian langsung pada perangkat Android, kita hanya mengistal MIT App Inventor app Companion di ponsel Android atau tablet yang kita punya, minjem punya orang juga gak papa. 
Adapun Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Pertama download MIT App Inventor app Companion bisa lewat google play store pada ponsel android atau bisa juga download di sini. 
Kemudian silahkan Instal pada ponsel android kita lalu buka lah aplikasi tersebut. 
Kedua hubungkan komputer dan perangkat kita ke jaringan WiFi yang sama.
Ketiga Buka project yang telah kita buat di App Inventor tadi  .
Kemudian Pilih "Connect" dan "AI Companion" dari menu atas di browser AI2:




kemudian akan muncul Sebuah dialog dengan kode QR di layar PC Anda. Kemudian klik "Scan QR code" tombol pada Companion, dan memindai kode di App Inventor jendela:


Dalam beberapa detik, Anda akan melihat aplikasi Anda yang sedang anda buat pada perangkat android Anda. Ini akan memperbarui anda membuat perubahan pada desain dan blok program anda.

Jika Anda mengalami kesulitan memindai kode QR atau perangkat Anda tidak memiliki scanner, ketik kode yang ditampilkan pada komputer ke daerah teks Companion pada perangkat Android Anda persis seperti yang ditunjukkan. Kode ini langsung di bawah di mana layar pada PC Anda menunjukkan "Kode Anda" dan terdiri dari enam karakter. Ketik enam karakter klik button warna orange "Connect with code". Jangan mengetik Enter atau carriage return.

Demikianlah penjelasan singkat tentang App Inventor terima kasih atas kesempatannya untuk berkunjung di blog ane yang gak seberapa ini.Semoga bermanfaat.
Sumber: http://appinventor.mit.edu/explore/ai2/setup-device-wifi

1 comment:

  1. sy sudah mencoba tutorial ini, namun di hp android saya sama sekali tidak muncul aplikasi yang telah dibuat. mhn pencerahan

    ReplyDelete