Monday 2 February 2015

Arduino Tutorial : Liquid Crystal Display ( LCD 2x16 )

Sebelumnya sedikit review dari masing-masing fungsi komponen yang digunakan, yaitu:

LCD : LCD 2x16 merupakan alat yang biasa digunakan untuk menampilkan informasi berupa tulisan, nilai pembacaan sensor,ataupun menampilkan menu pilihan.

Arduino : Bahasa pemrograman yang digunakan untuk memprogram mikrokontroler, dalam contoh ini untuk software nya dayoo menggunakan Arduino versi 105.4 sedangkan untuk hardware nya menggunakan Arduino Uno. Berikut contoh skema rangkaian LCD - Arduino.

Keterangan Skema:
LCD          Arduino
D7  >> PD7/pin 7
D6  >> PB0/pin 8
D5  >> PB1/pin 9
D4  >> PB2/pin 10
E   >> PB3/pin 11
RS  >> PB4/pin 12
RW  >> GND
VDD >> GND
VSS >> VCC

Selanjutnya untuk listing program, pertama pastikan komputer sobat dalam posisi ready di gunakan, dan pastikan juga bahwa software arduino sudah terinstal di komputer sobat. kalaupun belum punya silahkan download aja dulu nih disini.

Kedua yaitu buka software yang sudah di instal tadi, kemudian ketikan program dibawah ini, kalo menurut sobat belum pas, silahkan di edit sesuai keinginan.

#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(12, 11, 10, 9, 8, 7);

void setup() {
// set up the LCD's number of columns and rows:
lcd.begin(16, 2);
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Belajar Arduino");
lcd.setCursor(0, 1);
lcd.print("emildayoo");
}

void loop()
{

}


Langkah selanjutnya tinggal Verify (run) untuk mengecek apakah program yang dibuat tadi ada yang salah atau tidak, jika tidak ada yang salah silahkan di upload ke hardware Arduino Uno.

Namun sebelum kita memulai ekperimen, maksudnya membuat alat yang berhubungan dengan mikro tentu lebih baik jika kita uji coba terlebih dahulu dengan simulasi, agar meminimalisir terjadinya kesalahan. Kebetulan untuk simulasi, disini dayoo menggunakan software Isis Proteus Profesional 7 . Untuk tutorial membuat simulasinya silahkan lihat disini.

No comments:

Post a Comment